Sat-Thus : 8am:5pm

Cara Menghitung Volume Ukuran Tangki Air Kotak

ukuran tangki air kotak



Tangki air tentunya digunakan untuk menampung air. Jenis tangki air sangat banyak. Tergantung bahan yang digunakan. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jenis tangki air yang paling banyak digunakan adalah jenis tangki air fiberglass. Bahan fiberglass sangat tahan lama, bisa di bongkar pasang, tahan karat dan masih banyak lainnya. Bentuk desainya juga bermacam. Ada yang ukuran bulat oval, ada yang ukuran tangki air kotak. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan sedikit mengenai bentuk-bentuk tangki air dan bagaimana cara mengukur volume airnya.

ukuran volume tangki air

Bentuk Tangki Air Kotak

Bentuk tangki yang paling sering digunakan adalah ukuran tangki air kotak. Bentuk kotaK sering digunakan pada perkantoran, hotel atau apartement karena ukuran tangki air kotak yang besar. Lalu bagaimana cara menghitung volumenya. Cara menghitung volume menggunakan rumus volume = panjang x lebar x tinggi. Misalnya ukuran bak mandi 100 cm x 100 cm x 100 cm. untuk menghitungnya, anda harus merubah ukuran cm ke meter. Berarti menjadi 1 m x 1 m x 1 m : 1 m3. Ukuran liter 1 m3 sama dengan 1000 liter, jadi untuk ukuran tangki air kotak tersebut adalah 1 x 1000 = 1000 liter. Tetapi ketika melihat tangki air kotak di bagian bawahnya akan mengecil. Ada rumus tersendiri untuk menghitung ukuran volume seperti itu.

Perhitungan Ukuran Tangki Air Kotak

Cara menghitungnya dengan rumus konvensional. Dengan cara menghitung volume yang terbesar dan volume yang terkecil. Selanjutnya anda menghitung selisih keduanya dan dibagi menjadi dua. Misalnya ukuran bagian atas 3 meter x 1 meter. ukuran bagian bawah 2 meter x 0.9 meter dan tingginya 1,5 meter. pertama anda harus menghitung volume terbesar terlebih dahulu. 3 x 1 x 1.5 = 4.5 m3. Ukuran volume terkecil 2 x 0.9 x 1.5 = 2.7 m3. Jadi total ukuran tangki air kotak menjadi 4.5 + 2.7 = 7.2 m3. Kemudian anda konversi ke satuan liter. 7,2 x 1000 :7200 liter.

Produk Lainnya :  Tandon Kotak Fiberglass Terbaik Di Bandung

Bentuk Tangki Air Oval

Selain bentuk ukuran tangki air kotak, ada bentuk tangki air oval. Bentuk oval sering digunakan pada rumah-rumah tangga dan biasanya ukuran volumenya lebih kecil dibandingkan ukuran tangki air kotak. Anda sering melihat tangki air oval dipasang pada rumah-rumah. Ada yang di bagian atas rumah atau luar rumah. Lalu bagaimana cara menghitung volume dari tangki air bentuk oval. Apakah sama dengan tangki air bentuk kotak. Rumus menghitung volume tangki air oval adalah volume = jari-jari x jari-jari x tinggi x (. 22/7)

ukuran tangki air kotak

Volume Air Tangki Air Kotak = P x L x T

Perhitungan Tangki Air Silinder

Untuk ukuran tangki air kotak memang lebih mudah rumusnya, Kita ambil perumpamaan terlebih dahulu. Misalnya tangki air memiliki diameter 100 cm berarti jari-jarinya 50 cm dan tinggi 120 cm. kita ubah ukuran tersebut menjadi meter terlebih dahulu. Diameter 1 m3, jari-jari 0,5 m3 dan tinggi 1,2 m3. Sekarang kita hitung volumenya. Volume = (0.5 x 0,5 x 1,2) x (22/7) = 0.942 m3. Dibuat menjadi satuan liter menjadi 0.942 x 1000 = 942 liter.

Produk Lainnya :  Tandon Kotak Fiberglass Terbaik Di Bandung

Terkadang pada saat kita melihat ukuran tangki air kotak atau oval secara langsung. Tangki air dengan tinggi 1 meter belum tentu bisa diisi air dengan tinggi full 1 meter juga. Hal ini pengaruh pelampung air analog juga mempengaruhi volume tangkinya. Itulah beberapa bentuk tangki air dan cara menghitung volumenya. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

pesan via WhatsApp

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WhatsApp Order Via WhatsApp